STROKE | SHARING BLOGGING AND EARNING

Minggu, 20 April 2014

STROKE

Stroke merupakan salah satu manifestasi neurologic yang umum dan mudah dikenali dari penyakit-penyakit neurologic lain, oleh karena mula timbulnya yang mendadak dalam waktu yang singkat.Sampai saat ini stroke merupakan salah satu penyakit saraf yang paling banyak menarik perhatian.

            Stroke terjadi sebanyak 700.000 kasus setiap tahun di Amerika, dengan kematian sekitar 150.000 orang / tahun, penyebab kematian nomor 3 setelah serangan jantung dan kanker, penyebab utama kecacatan tetap sebanyak 2 juta dari 3 juta penderita stroke yang hidup dan biaya stroke 40 milyar dollar setahun.
Stroke terjadi bila ada pembuluh darah otak yang tersumbat atau pecah. Bagian otak yang aliran darahnya berkurang akan mengalami kerusakan sampai kematian. Timbullah gangguan fungsi pada bagian badan yang dikontrol oleh bagian otak yang rusak tersebut.
Serangan stroke merupakan keadaan emergensi seperti serangan jantung. Makin cepat ditangani makin sedikit sel otak yang akan mengalami kerusakan permanen, sehingga makin cepat penderita stroke mendapat pengobatan, makin besar kemungkinan pemulihan. Karena stroke terjadinya cepat dan perlu penanganan segera, sehingga stroke merupakan salah satu penyebab kematian dan kecacatan neurologic yang utama di Indonesia.

Kebanyakan stroke disebabkan oleh blok aliran arteri ke otak (stroke iskemik), dan pecahnya pembuluh darah dengan perdarahan ke dalam jaringan otak (stroke hemoragik) yang lebih sedikit jumlahnya.

Reaksi:
Comments
0 Comments

0 komentar :

Posting Komentar